VCO atau (Virgin Coconut Oil) adalah minyak murni yang terbuat dari daging kelapa segar atau dari santan kelapa. dalam manfaat dan kegunaannya VCO memiliki segudang manfaat yang baik yaitu dapat digunakan sebagai baan pembuatan minyak goreng, pembuatan kosmetik, sabun, shampo, perawatan kulit, bahkan hingga pembuatan obat-oabatan. minyak kelapa murni VCO memiliki aroma yang khas jika dibandingkan dengan minyak sawit CPO.

Kali ini para ibu-ibu warga Desa Kalidawe membuat minyak VOC dengan cara (home industry) proses pembuatannya tidak memiliki kesulitan yang tinggi, sehingga dapat dilakukan dengan sederhana sehingga dapat di oleh secara (home industry), karena untuk bahan baku juga tidak terlalu sulit untuk didapatkan. adapun bahan yang digunakan yaitu santan dari daging kelapa yang sudah tua.

untuk proses pembuatan minyak kelapa murni (VCO) dapat dilakukan dengan cara berikut:

  • Pemilihan Buah Kelapa

Pemilihan daging kelapa yang hampir tua, karena pertumbuan dagingnya sudah cukup dan sudah tebal

  • Membuat Santan

Membuat santan dengan cara memarut daging kelapanya dan peras dagingnya sehingga menghasilkan santan            yang bagus.

  • Proses Pemisaan Santan Pertama

Santan bisa dimasukkan ke dalam kantomg plastik menggunakan corong, gunakan kantong plastik untuk                      memudahkan membuang air yang berada di bawah santan, setela itu kantong plastik diikat memakai karet                  gelang, lalu diamkan kira-kira 1-2 jam.

  • Proses Pemisahan Santan Kedua

Santan kental yang sduah dipisah airnya dimasukkan ke dalam wadah plastik bersih dan tertutup. setelah itu              selama 24 jam santan akan mengalami proses ekstraksi yang mana akan muncul gelumbung di permukaan                 dan membuat minyak akan mulai terpisa. setelah melewati 24 jam akan terbentuk 3 lapisan pada santan                       tersebut. lapisan paling atas adalah minyak, ditengah ada ampas santan atau blondo dan lapisan paling bawah             adalah air.

selanjutnay minyak yang terdapat diatas santan tersebut adalah VCO (Virgin Coconut Oil) yang nantinya bisa digunakan dan dirasakan manfaatnya.

Galeri

Bagaimana reaksi anda mengenai artikel ini ?

Tinggalkan Komentar

Komentar anda tidak akan dipublikasikan, jika formulir yang ditandai * tidak diisi.